Program Studi :Teknik Mesin
Kata Pengantar
          Puji syukur atas berkat rahmat Allah SWT dengan terselesaikanya makalah “TOLERANSI GEOMETRIS “,Makalah ini adalah suatu makalah yang di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Gambar teknik mesin.Sumber-sumber yang kami gunakan banyak meliputi sumber dari buku-buku teknik gambar mesin,maupun  dari situs-situs ,blog-blogs di internet yang banyak sekali memuat tentang toleransi geometris.
Oleh sebab itu, kami berusaha menyusun sebuah makalah yang memuat tentang toleransi geometris yang merupakan bagian dari gambar teknik yang tidak dapat terpisahkan dengan gambar teknik mesin dan sangat dibutuhkan dan sangat penting dalam menunjang proses produksi dalam mechanical manufacturing engineering . Di dalamnya berisikan banyak sekali istilah-istilah toleransi geometric dalam bidang teknik mesin.
Semoga dengan adanya makalah ini akan memberikan banyak manfaat, dan mampu membantu kami dalam memenuhi tugas dari dosen teknik mesin selaku kami sebagai mahasiswa dalam mempelajari istilah-istilah toleransi geometris dalam bidang teknik gambar mesin .
Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan,oleh kerena itu kami sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran demi kesempurnaan sebuah pengetahuan tentang toleransi geometris.



Batam centre,15 April 2012
      Imam Mulyono

Daftar isi


Kata pengantar,…………..
Daftar isi,………………….
                              I.            Gambaran umum
                           II.            Elemen yang di beri toleransi
                       III.            Daerah toleransi
                       IV.            Datum ( elemen patokan )
                          V.            Kotak toleransi
Rangkuman,……………..
Lain-lain,…………………
Daftar pustaka,………….







Toleransi Geometrik
(Geometric Tolerance)
PENDAHULUAN
Pada linier yang telah dibicarakan, dimana pengertian toleransi pada ukuran panjang. Sehingga sangat berbeda sekali dengan "Toleransi Geometri". Sebelum
membicarakan masalah toleransi geometri lebih jauh, perlu sekali harus tahu dan mengerti tentang apa yang dimaksud dengan toleransi geometri.
Toleransi geometri atau toleransi bentuk adalah batas penyimpangan yang diizinkan, dari dua buah garis yang sejajar, atau dua buah bidang yang sejajar bila bidang itu tidak berbentuk sudut.
Untuk bidang yang membentuk sudut maka daerah toleransinya adalah batas yang diizinkan dari dua buah bidang yang sejajar membentuk sudut terhadap bidang basisnya.


I.         GAMBARAN  UMUM
Suatu bentuk atau posisi bidang terhadap elemen geometric lain yang digunakan sebagai acuan. Oleh karena itu seperti halnya pada ukuran ,elemen geometric tersebut dapat diijinkan menyimpang dalam batas-batas tertentu.   Dengan demikian bila suatu benda kerja yang harus diselesai kan dengan hasil yang baik maka dalam gambar kerjanya harus di berikan suatu informasi yang jelas pula. Dengan sendirinya benda ini akan mahal harganya. Karena dalam penyelesaiannya memerlukan ketelitian yang tinggi dan juga waktunya lama. Oleh karena itu didalam memberikan tanda-tanda toleransi geometri, harus ditempatkan pada daerah, atau benda yang betul -betul sangat penting. Tidak pula setiap permukaan bidang dari benda kerja harus diberikan tanda toIeransi geometri. Toleransi geometri mempunyai pengertian agar supaya bentuk dari pada benda kerja itu tidak akan mempunyai penyimpangan-penyimpangan yang terlalu besar, sehingga benda kerja itu dapat dipakai. Untuk mengontrol benda atau
permukaan dari suatu benda maka pada permukaan dalam gambar harus mengunakan  toleransi.

Ø Toleransi geometrik umum mengacu pada ISO 2768
Ø Toleransi geometrik umum untuk komponen permesinan, misalnya: turbin, mesin perkakas, komponen mekanik presisi, mengacu pada ISO 2768-2
Jika toleransi geometrik umum digunakan, maka pada gambar teknik perlu
 dinyatakan, misalnya: ISO 2768-mH


•artinya:
§  mmenyatakan toleransi dimensional umum kelas m
§  Hmenyatakan toleransi geometrik umum kelas H

Pengaruh proses pembuatan pada toleransi geometrik
Devisasi geometrik dipengaruhi oleh 5M, yaitu:
v Material
–Rigiditas benda-kerja (bentuk)
–Material
–Stres pada material.
v Machine
–Kepresisian
–Rigiditas statik dan dinamik
–Sifat termal
–Pemeliharaan
–Lingkungan (vibrasi)
v Method
–Tool
–Chuck, fixing, clamping
–Data proses (kecepatan potong, kedalaman potong), tekanan potong
v Measuring:
–Deviasi pengukuran sistematik yang tidak terkoreksi
–Deviasi pengukuran random
v Manufacture:
–Pengetahuan, keterampilan, kepresisian re-chucking
–Lingkungan

Dimana setiap mesin dan setiap lantai produksi akan memiliki kemampuan yang spesifik pada deviasi geometriknya



Gambar dibawah ini menunjukkan beberapa komponen pada toleransi geometric diantaranya adalah elemen geometric yang di beri toleransi ,symbol kataristik ,daerh toleransi ,datum / patokan  dan kotak toleransi.




Toleransi posisi adalah penyimpangan posisi yang diizinkan terhadap posisi yang digunakan sebagai patokan (datum feature).
 


Pada contoh di atas, alas dari balok digunakan sebagai patokan sedangkan sisi tegak merupakan bidang yang ditoleransi.
Toleransi Geometris di bagi menjadi 4 kategori:

Toleransi bentuk(form tolerances)
v merupakan nilai maksimum yang diijinkan pada deviasi bentuk. Jadi, toleransi bentuk membatasi deviasi suatu feature terhadap bentuk ideal geometris suatu garis atau permukaan
v Kasus khusus untuk bentuk garis: straightnessdan roundness(circularity)
v Kasus khusus untuk bentuk permukaan: flatness(planarity) dan cylindricity

Toleransi orientasi(orientation tolerance)
v merupakan suatu nilai maksimum yang membatasi deviasi suatu feature terhadap orientasi ideal geometris terhadap datum
v kasus khusus: pararellism(keparalelan) dan  perpendicularit y   
         (ketegaklurusan)

Toleransi lokasi(location tolerance)
v merupakan suatu nilai yang membatasi deviasi suatu feature terhadap lokasi ideal geometrisnya (orientasi dan jarak) terhadap datum
v kasus khusus: coaxilitydan symmetry

Run-out tolerances
v merupakan bagian dari toleransi orientasi dan toleransi lokasi, tetapi karena metode pengukurannya khusus, maka didefinisikan sebagai jenis toleransi tersendiri



II.    ELEMEN YANG DI BERI TOLERANSI
          Elemen yang di beri toleransi geometric meliputi ; titik,garis ,permukaan,dan bidang tengah. Yang diberi toleransi dapat berupa elemen tuggal atau elemen yang berhubungan dengan elemen lainya ,hal ini tergantung dari toleransi dan kataristik yang di tentukan.
Gambar  di bawah ini adalah merupakan bentuk contoh elemen geometric yang berupa elemen tunggal dan elemen yang berhubungan dengan datum nantinya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pneumatic

Rangkaian Star-Delta pada motor listrik 3 phasa

Keuntungan dan kerugian (preventive maintenance) ,Prediktif Maintenance